Orientasi yang Tak Kenal Kelamin

6:34 AM

Biasanya seseorang jatuh cinta atau menyukai seseorang dengan alasan, atau suatu daya tarik tertentu, tapi jika kita bicara orientasi maka biasanya ketertarikan itu terhadap jenis atau identitas gender tertentu. Secara umum Orientasi dapat diartikan sebagai ketertarikan manusia terhadap manusia lain secara emosional dan romantis, terkadang ditambah satu tambahan lagi yaitu seksual. Disini dapat digaris bawahi bahwa ketertarikan seksual bukan menjadi syarat utama menentukan orientasi seseorang, karena jika di teliti, ada beberapa orang yang tidak memiliki ketertarikan secara seksual. 
umumnya kita mengenal orientasi-orientasi seperti 
Heteroseksual : ketertarikan seseorang terhadap orang lain yang memiliki identitas gender yang berbeda denga dirinya. Misalnya laki-laki terhadap perempuan atau sebaliknya
Homoseksual : ketertarikan seseorang terhadap orang lain yang memiliki identitas gender yang sama dengan dirinya. Misal, gay dan Lesbian. Juga
Biseksual : ketertarikan seseorang terhadap orang lain, tapi dia melihat lebih dari satu identitas gender. Misal, seseorang yang bisa menyukai, laki-laki dan perempuan
Tetapi selain orientasi-orientasi diatas, ada beberapa jenis orientasi lain yang ternyata tidak melihat jenis kelamin seseorang. Ketertarikan pada orang-orang dengan orientasi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor secara personal. Bahkan syarat ada ketiga dapat juga tidak terjadi pada orientasi berikut
Panseksual : Adalah ketertarikan seseorang pada orang lain tanpa melihat identitas gender seseorang. Teman-teman pansexual biasanya melihat orang lain karena dia adalah dia, bukan karena identitas seksualitasnya. Bisa dikatakan teman-teman pansexual tidak melihat laki-laki, perempuan, ataupun trans, dalam ketertarikannya.
Sapiosexual : adalah ketertarikan pada seseorang yang didasarkan pada kecerdasan orang lain. Teman-teman sapiosexual melihat daya tarik seseorang itu pada kecerdasan seseorang, bukan hanya dari segi pengetahuan, bisa saja hal itu di dasarkan pada kemampuan tertentu atau daya tarik tertentu.
Demiseksual : teman-teman demisexual, adalah orang-orang yang orientasinya lebih pada hubungan emosional dan juga romantis, bagi teman-teman demiseksual biasanya ketertarikan sexual tidak akan ada jika tidak ada hubungan emosional dan romantis. 
Aseksual : hampir sama dengan teman-teman demisexual, dimana teman yang berorientasi aseksual ini lebih berorientasi pada hubungan emosional dan romantis, hanya saja pada teman-teman aseksual tidak ada ketertarikan sexual di dalam dirinya. 
Pada tangal 8 desember, di sebut sebagai hari Visibilitas bagi teman-teman Panseksual. Yaitu hari ini, so…. Happy Pride Pansexual Day bagi teman-teman Pansexual.

  • Share:

You Might Also Like

5 Comments

  1. wah..sy baru tau .. kalo saya sih sapiosexual..sy tertarik dgn org cerdas hahahahah

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau tentang istilah sapiosexual, demiseksual, panseksual. Ilmu baru nih bagi aku

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau tentang istilah sapiosexual, demiseksual, panseksual. Ilmu baru nih bagi aku

    ReplyDelete
  4. Makasih man teman... kita sama-sama terus blajar kok

    ReplyDelete