Menyukai Transgender. Apa Saya Gay?

5:00 PM

Pertayaan berikut sering terdengar bagi kebanyakan orang-orang yang tertarik, atau sedang menjalin hubungan dengan teman-teman transgender baik itu transpuan atau translaki-laki. Pertanyaan ini bagi beberapa orang cukup penting untuk mengetahui kearah mana sebenarnya orientasi seksualnya. Secara penampilan memang seringkali teman-teman transgender sangat berbeda dengan seks karakteristiknya. Sehingga tidak jarang orang-orang disekitarnya terkecoh, atau sudah menganggap dia berbeda. Bagi beberapa teman yang baru-baru saja menjalin hubungan dengan teman-teman trans, pertanyaan ini lumayan penting karena tak jarang ini menjadi perdebatan batin sendiri bagi mereka. 
Sebelum kita menjelaskan hal ini, kita harus pahami dulu, bahwa transgender, adalah teman-teman yang mengidentifikasi diri mereka sebagai seseorang yang memiliki gender berlawanan, atau berbeda dari seks karakter lahirnya. Misalnya, seseorang yang terlahir dengan seks karakteristik betina, mengidentifikasi atau merasa bahwa dirinya laki-laki, atau sebaliknya. Sangat wajar ketika seorang trans laki-laki menyukai perempuan, karena dia mengidentifikasi dirinya laki-laki, begitupun trans-perempuan wajar jika merasa menyukai laki-laki (secara gender atau seks karakteristik).
Lalu, pertanyaannya jika seorang yang merasa laki-laki menyukai perempuan, atau sebaliknya, kita mendefesinikannya sebagai gay?. Kebanyakan teman-teman trans tidak merasa diri mereka, atau mengidentifikasi diri mereka sebagai gay. Sebaliknya, mereka mengidentifikasi bahwa diri mereka adalah Heteroseksual, walaupun secara seks karakter, pasangan ini memiliki organ reproduksi yang sama. Saya pernah bertanya kepada seorang teman yang mengidentifikasi dirinya sebagai translaki-laki dan pasangan perempuannya, tentang orientasi seksualnya. Lebih jelas mereka mengidentifikasi diri mereka sebagai trans-hetero atau trans-heteroseksual, karena mereka tidak merasa menyukai orang dengan identitas gender yang sama. Jadi bisa disimpukan bahwa trans-hetero adalah seorang transgender yang menyukai orang lain yang memiliki identitas gender / karakteristik seks (tergantung dipandang dalam konteks apa) berbeda dari identitas gendernya, konteks ini tidak hanya berlaku bagi transgender, tapi juga bagi orang yang tertarik pada teman-teman transgender. Uniknya, karena ini memakai konsep dari identitas gender maka bisa saja seorang transgender laki-laki menyukai transgender perempan atau sebaliknya 
Ada baiknya kita tidak memandang orang-orang yang berbeda hanya dengan persepsi kita. Mengetahui bagaimana mereka memandang diri mereka sendiri juga penting, agar kita memahami mereka, dan tidak menghakimi.

Salam abu-abu pastel.
Pic souurce : google

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments