Belajar Membuat Blog

7:43 PM

Oke, teman-teman kece, kali ini manusia Abu-bu mau share dikit nih, kita sharing-sharing ilmu lagi. mungkin agak beda sama tema yang sering aku bahas, but anyway engga apa lah ya.
Minggu lalu aku udah belajar dari temen-temen blogger bagaimana cara membuat blog, dan ternyata engga sulit kok. Yuk caranya aku kasih tau.
Yang pertama harus kita pastikan adalah kita harus punya aamat email dulu. karena hampir semua situs atau aplikasi bisa di aktifin dengan email. Karena kita bakal belajar buat blog di Blogspot yang notabene punya GooGle, jadi aku saranin teman-teman make gmail.

setelah punya maka tinggal log in, setelah log in, biasa teman-teman bisa mulai cara membuat seperti gambar dibawah.

gambar 1
pada gambar di atas ada tiga kolom. kolom pertama yang diisi adalah. Judul, apa nama judul Blog kalian. ini akan jadi Title pembuka bagian atas pada blog kalian, so pastikan judul blog kalian menarik ya, agar mudah di cari dan dikenali.
Kolom kedua berisi, alamat blog kalian, engga harus di isi lengkap juga, karena jika kalian masih memakai blog gratisan, maka otomatis di belakang nama alamat web blog kalian akan ada domain blog kesayangan kalian. seperti, jika saya menamai Blog saya Gradasipelangi, maka otomatis akan menjadi gradasipelangi.blogspot.com
kolom dibawahnya adalah tema, yang akan menentukan bagaimana nantinya tampilan blog kalian, tema atau template blog ini nanti bisa diganti-ganti pada tahap lanjut, banyak juga kok situs yang menyediakan coding template, tinggal kita sesuaikan bagaimana tampila yang ingin kita buat nanti.
setelah ketiga kolom selesai, maka kita dapat memulai dengan menekat "create" / buat. dan page kamu telah selesai. 

selanjutnya kita akan membuat content atau isi blog kita.
untuk membuatnya kita bisa 

untuk memulai page baru kita bisa mengklik tombol oranye yang ada di atas yang bertuliskan new post. 
nantinya semua yang kalian posting akan muncul di list halaman ini. jika nanti kalian ingin menyimpan, atau post, postingan lama dilakukan pada laman ini. 
setelah melakukan menekan tombol "New post" maka kita akan masuk pada laman lain 
Laman ini sebenernya tidak jauh berbeda dengan aplikasi "word" yang biasa kita pakai. jika di perhatikan fitur-fitur yang dimiliki juga hampir sama. ada font, size text, bold, italic, underline,  colour text, dan lain-lain, beberapa fitur yang berbeda adalah Link, tempat kita bisa menempel tautan. dan video. 
pada bagian kolom atas kita bisa membuat judul post. sedangkan pada kolom besar dibawah merupakan tempat kita membuat kontent.
setelah selesai, kita bisa menekan tombol "publish" di bagian kanan atas, atau "draft", jika kita tidak ingin mempost langsung kontent yang telah kita buat, lalu juga ada tombol "priview" untuk melihat tampilan blog atau kontent kita setelah di upload.

so, lets blogging teman-teman. 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments