Gara-gara KOMINFO dan Orang Tua Malas #Opini

10:29 PM


Rasanya agak males buat ngeblog lagi jika secara terpaksa blog kita di blokir. Bukan karena konten yang kita isi, tapi lebih pada kebijakan negara. yah, seperti banyak diketahui beebrapa waktu belakangan ini salah satu departemen KOMINFO sedang giat-giatnya melakukan filtering terhadap konten-konten internet berbahaya. Mulai dari pemblokiran beberapa situs sampai pemblokiran banyak kata kunci di mesin pencarian (seperti google).
Salah satu yang menjadi dampaknya adalah tumbr. Bagi yang belum tau tumblr adalah salah satu situs blogging yang mulai ramai digunakan walau tidak terlalu populer di Indonesia, yang lebih populer dengan blogspot, atau wordpress. Tampilan blogger dapat dikatakan lebih sederhana dengan fitur yang hampir sama seperti media social facebook dan istagram. Di Kalangan penulis sendiri situs ini cukup populer karena tidak populer sehingga masih cukup bebas mengekpresikan cerita yang kadang, malu-malu untuk di baca di public.
Permasalahannya adalah mengapa situs ini diblokir oleh pemerintah. Karena setahu saya di situs ini sangat banyak tulisan dan buku yang berawal dari situs blogging ini. kalua saya sebut kan beberapa antara lain yaitu, Kunamai bintang itu namamu (cindi jovian), Jalan Saja, Tia Setiawati, juga beberapa penulis yang sudah berhasil memulai dengan situs ini.
Ada cara sebenarnya untuk dapat membuka atau melihat situs ini lagi yaitu dengan mengakali vpn, dengan menggunakan aplikasi atau ekstensi-ekstensi yang tersedia di aplikasi internet. Tapi memang sedikit ribet dan mengganggu kinerja internet local itu sendiri.
Orang tua-orang tua Malas.
Jika saya baca dari banyak situs berita, permasalah berasal dari beberapa keluhan orang tua karena menemukan beberapa konten yang berisi pornografi dan aksi yang dapat di temukan di situs ini, harus di akui memang hal ini benar adanya. Saya sendiri pun kadang suka iseng mencari sesuatu dengan kata kunci tertentu dan menemukan konten-konten tersebut. Tetapi menurut saya itu tidak akan menjadi masalah JIKA kita lebih bijak dalam menggunakan situs tersebut. Dapat saya katakan tumblr sendiri cukup aman, karena memiliki fitur “parent control” yang juga dapat ditemukan di google,  sehingga dapat membatasi pencarian-pencarian yang dikategorikan berbahaya bagi anak dibawah umur. Selain itu jika memang ada page atau akun yang dianggap mengganggu juga dapat di report.
Saya rasa yang menjadi masalah adalah keresahan orang tua yang malas untuk mengawasi anak dalam menggunakan media internet dan juga social. Orang tua malas untuk mencari tahu, malas untuk belajar, mungkin juga ada orang tua yang malas untuk mengedukasi, membimbing dan mengawasi anak-anaknya untuk lebih bijak di era internet yang serba instan ini. dan lebih memilih cara instan  dengan melaporkan keresahannya daripada mengatasi masalahnya sendiri. 
Tapi ya sudahlah, saya hanya salah satu dari 250 juta rakyat negeri ini. yang mencoba berkeluh kesah di halaman pribadi saya sendiri. Syukur-syukur jika ada yang baca. Dan juga kepada para penulis yang terbiasa untuk menulis tumblr. Semoga tidak berhenti untuk menulis, bercerita, dan tetap menuangkan kisah di media lainnya. (jangan seperti saya :D )
Salam queerty

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments